jaka tarub dan nawang wulan

Jaka Tarub adalah seorang pemuda tampan dan rajin. Dia tinggal di sebuah desa dekat danau. Suatu hari, ketika Jaka Tarub melewati danau, ia mendengar beberapa tertawa cekikikan dan beberapa gadis yang sedang mandi di danau. Dia penasaran, jadi ia mengintip lewat semak-semak. Ada tujuh gadis cantik di danau. Mereka peri dari kerajaan surgawi kahyangan. Jaka Tarub melihat syal dekat semak-semak. Itu milik salah satu peri. Jaka Tarub kemudian mengambilnya dan menyembunyikannya.
Crack! Sengaja, Jaka Tarub menginjak ranting. "Ada orang!" Kata salah satu peri. "Mari kita kembali. Cepat! "Katanya. Mereka menepi dan memakai syal mereka. "Di mana jilbabku" salah satu peri tidak bisa menemukan syalnya?. Dia adalah peri termuda bernama Nawang Wulan. Mereka mencoba untuk mencarinya, tapi tidak di mana dapat ditemukan. "Kami minta maaf, Wulan. Kita harus kembali ke kahyangan, "kata peri tertua. "Kau harus menemukannya sendiri. Kami akan menunggu Anda di kahyangan, "katanya dalam empati. Peri-peri lain kemudian terbang ke langit meninggalkan Nawang Wulan di belakang. Nawang Wulan melihat mereka meninggalkan menangis. Dia begitu sedih.
"Maaf ...," kata Jaka Tarub, Nawang Wulan mengejutkan. "Apakah Anda baik-baik saja?" Tanyanya. Nawang Wulan pindah ke belakang, "Siapa kau?" Tanyanya. "Nama saya Jaka Tarub. Aku lewat dan aku mendengar kau menangis, jadi aku datang untuk melihat apa yang terjadi, "berbohong Jaka Tarub. Nawang Wulan kemudian bercerita tentang masalahnya. "Aku tidak bisa terbang tanpa selendang saya," katanya. Jaka Tarub Nawang Wulan kemudian diminta pulang bersamanya. Mula-mula, Nawang Wulan menolak tawaran itu. Tapi karena ia tidak punya tempat lain untuk pergi, Nawang Wulan kemudian memutuskan untuk mengikuti Jaka Tarub.
Nawang Wulan tinggal dengan Jaka Tarub di desa. Sebulan berlalu, dan mereka memutuskan untuk menikah. Nawang Wulan bersedia menikah dengan manusia karena ia jatuh cinta dengan Jaka Tarub. Setelah setahun, mereka memiliki seorang putri cantik. Mereka menamai dia Kumalasari. Mereka hidup bahagia.
Jaka Tarub juga senang hidup dengan Nawang Wulan dan Kumalasari. Terutama karena ia selalu mendapat banyak panen sejak ia menikahi Nawang Wulan. Dia bahkan tidak bisa menyimpan semua hasil panen di lumbung karena selalu penuh. "Ini sangat aneh. Nawang Wulan dimasak setiap hari, tetapi mengapa saya gudang selalu penuh, "gumam Jaka Tarub sendiri. Dia begitu penasaran. Suatu hari, Jaka Tarub tinggal di rumah. "Saya ingin tinggal di rumah hari ini. Aku ingin bermain dengan Kumalasari, "katanya kepada istrinya. "Yah, aku akan pergi ke sungai untuk mencuci pakaian. Harap mengawasi Kumalasari, "tanya Nawang Wulan. "Aku memasak nasi sekarang. Harap jangan membuka tutup panci sebelum selesai, "kata dia sebelum dia pergi. "Mungkinkah ini rahasia itu?" Pikir Jaka Tarub. Setelah Nawang Wulan pergi, ia penasaran membuka tutup panci. Dia hanya menemukan satu padi tunggal. "Kenapa?" Tanya dia.
Sebelum makan siang, Nawang Wulan kembali ke rumah. Dia menuju ke dapur untuk melihat nasi dia telah dimasak. Dia menemukan bahwa beras menjadi hanya beberapa butir. "Apakah Anda membuka tutup panci" dia bertanya kepada suaminya?. "Aku ... maafkan aku. Aku penasaran, "kata Jaka Tarub saat ia menyadari kesalahannya.
Sejak saat itu, Nawang Wulan telah kehilangan kekuasaannya. Dia tidak bisa memasak nasi dengan hanya padi tunggal. suplai padi mereka perlahan-lahan berkurang. lumbung mereka hampir kosong. Suatu hari, Nawang Wulan pergi ke gudang untuk mendapatkan beberapa padi. Ketika ia mengambil salah satu dari mereka, ia menemukan selendang. "Apa ini? Ini adalah syal saya, "kata Nawang Wulan kaget.
Malam itu, Nawang Wulan bertanya kepada suaminya tentang jilbab. Jaka Tarub mata membelalak, "Kau menemukannya?" tanya dia. Jaka Tarub menunduk dan meminta maaf padanya. "Karena aku telah menemukan selendang saya, sudah waktunya bagi saya untuk kembali ke tempat aku berada," kata Nawang Wulan. Jaka Tarub mencoba menghentikannya, tapi Nawang Wulan telah membuat keputusan. "Jagalah baik Kumalasari," katanya. "Jika dia ingin bertemu saya, mengambil tujuh butir kemiri dan memasukkannya ke dalam keranjang. Kocok sambil bermain seruling bambu. Aku akan datang menemuinya, "jelasnya.
Jaka Tarub berjanji untuk merawat putri mereka. Dia sekali lagi meminta pengampunan atas segala kesalahannya. "Aku sudah memaafkan Anda, sehingga Anda tidak perlu merasa bersalah. Saya harus pergi sekarang. Hati-hati, "kata Nawang Wulan saat dia terbang ke bulan purnama cerah

0 komentar:

Post a Comment