15 June 2010

Perang dunia 1 bagian 1

1. Latar belakang terjadinya perang dunia I


a.keadaan eropa sbelum perang

Abad ke-20, eropa mulai memasuki zaman moderen. Kemajuan teknologi transportasi mempermudah lalu lintas.mereka kemudian berebut daerah jajahan sebagai sumber bahan baku, tempat penanaman modal, dan tempat pemasaran.

Ingris muncul sebagai raja kaum imperialis moderen. Wilayah jajahan mereka adalah bumi belahan barat (kanada) dan bumi belahan timur (new zeland).

Jerman yang mempunyai daerah jajahan di afrika & kep. Pasifik masih kalah bersaing dengan inggris yang daerah jajahannya lebih luas.

Prancis, wilayah jajahannya meliputi daerah asia tenggara, khususnya indo cina (vietnam, laos & kamboja).

Italia, daerah jajahannya di daerah afrika timur (somalia) di tepi laut merah dan berhasil memanfa'atkan kelemahan turki raya yang sedang sakit dan telah lama menguasai hampir seluruh pantai laut tengah.

Belgia, daerah jajahannya konggo yang memiliki hutan lebat yang dikelola sangat menguntungkan.

Turki raya, yang sebelum abad ke-19 merupakan kerajaan terkuat dan terbesar di asia wilayah kekuasaannya meliputi asia barat daya, afrika utara & eropa selatan. Pada waktu itu Turki mendapat julukan THE SICK MAN OF TURKEY (Turki yang kaya sedang sakit). Hal ini dimanfaatkan oleh negara-negara eropa dan sekitarnya untuk menguasai warisan Turki setapak demi setapak. Warisan Turki di asia kecil dikuasai oleh negara-negara eropa barat.

Sisa-sisa Turki di Jazirah balkan diperebutkan empat negara balkan yang berdaulat yaitu: Yunani, Serbia & Montenegro. Hal ini menyebapkan terjadinya peran Balkan(1912) antara Turki dan empat negara balkan tadi.

Rusia yang menjadi negara besar ketika itu kurang menguntungkan mempunyai pelabuhan-pelabuhan yang membeku pada musim dingin melancarkan politik AIR HANGAT, yaitu untuk memperoleh pelabuhan-pelabuhan yang tidak membeku pada musim dingin. Rusia bersahabat dengan serbia, (dengan terbentuknya Pan slavia/serbia raya) yang dilindungi Rusia.

Demikian lah keadaan eropa menjelang PERANG DUNIA 1 dengan suasana penuh ketegangan dan curiga mencurigai, takut diserang lawan padahal di negerinya sendiri belum siap, masing-masing berusaha memperkuat diri dengan mencari kawan. Di eropa terjadi 2 blok yang bertentangan yaitu: blok jerman (jerman, austria turki, bulgaria) dan blok inggris (inggris, prancis, rusia, italia)

0 komentar:

Post a Comment