lutung kasarung


Prabu Tapa Agung telah memimpin sebuah kerajaan di Jawa Barat untuk waktu yang lama. Dia sudah tua dan karena itu ingin memilih penggantinya. Tapi sayangnya, ia anak. Dia berpikir untuk memilih salah seorang putrinya, Purbararang dan Purbasari. Tapi itu bukan pilihan yang mudah. Mereka berdua sangat cantik dan cerdas. Satu-satunya perbedaan adalah temperamen mereka. Purbararang kasar dan jujur, sedangkan Purbasari baik dan peduli. Dengan pertimbangan, Prabu Tapa Agung akhirnya memilih Purbasari untuk menjadi penggantinya.

Purbararang tidak setuju dengan keputusan ayahnya. "Ini seharusnya saya, Bapa. Aku anak perempuan tertua "kata Purbararang!. Prabu Tapa Agung tersenyum. "Purbararang, menjadi seorang ratu memakan waktu lebih dari usia. Ada banyak kualitas lain bahwa seseorang harus memiliki, "kata Prabu Tapa Agung bijaksana. "Apa Purbasari memiliki bahwa saya tidak" cemberut? Purbararang. "Anda akan tahu ketika Purbasari menggantikan saya," jawab Prabu Tapa Agung.

Setelah diskusi, Purbararang kembali ke kamarnya. "Apakah ada sesuatu yang salah" tanya? Indrajaya. Indrajaya adalah calon suami Purbararang's. "Aku sedih! Bapa memilih Purbasari sebagai penggantinya dan bukan aku! Aku harus melakukan sesuatu "kata Purbararang!. Gila karena marah, dia datang ke tukang sihir dan memintanya untuk mengirimkan ruam seluruh tubuh Purbasari's. Sebelum tidur, Purbasari mulai merasa gatal di seluruh tubuhnya. Dia mencoba menerapkan bedak ke tubuhnya, tapi ada gunanya. Sebaliknya, gatal tumbuh lebih buruk lagi. Dia tidak ingin menggaruknya, tetapi dia tidak bisa menahannya. Pada pagi harinya, ada tanda awal seluruh tubuh Purbasari's. "Apa yang terjadi padamu" tanya? Purbararang, pura-pura prihatin. "Aku tidak tahu, sis. Tadi malam, tubuh saya tiba-tiba merasa sangat gatal. Aku menggaruk dan menggaruk, dan ini adalah apa yang terjadi, "jawab Purbasari. Purbararang menggeleng. "Anda harus melakukan sesuatu yang sangat buruk. Anda telah dihukum oleh para dewa! "

Hari itu, seluruh kerajaan tersinggung. "Apa yang telah kaulakukan, Purbasari" menuntut? Prabu Tapa Agung. Purbasari menggeleng. "Aku tidak melakukan apa pun yang akan marah para dewa, Bapa," jawabnya. "Lalu bagaimana kau bisa menjelaskan apa yang terjadi pada tubuh Anda?" Tanya Prabu Tapa Agung lagi. "Jika Anda tidak mengaku, aku akan mengusir kamu ke hutan" Purbasari menarik napas panjang.. "Seperti saya katakan sebelumnya, aku tidak melakukan sesuatu yang salah. Dan aku lebih suka dilemparkan ke dalam hutan daripada mengakui perbuatan saya tidak dilakukannya. "

Setelah diskusi singkat dengan penasihat-Nya, Prabu Tapa Agung memerintahkan Purbasari untuk dipindahkan ke hutan. Purbasari sangat sedih, tetapi dia tidak bisa berbuat apa-apa untuk menentang perintah ayahnya. Dia didampingi ke hutan oleh seorang utusan. Ia membangun sebuah pondok sederhana untuk Purbasari. Setelah utusan itu pergi, tiba-tiba monyet hitam datang ke gubuk Purbasari's. Dia membawa banyak pisang. Dari belakangnya, beberapa binatang tampak pada. "Apakah pisang untuk saya?" Tanya Purbasari. Monyet hitam mengangguk, seolah-olah ia mengerti apa kata Purbasari. Purbasari mengambil pisang dengan kesenangan. Dia juga mengucapkan terima kasih. Yang lain hewan yang sedang mencari di juga tampak tersenyum. "Apakah Anda bersedia menjadi teman saya" Purbasari tanya mereka?. Semua hewan mengangguk dengan gembira. Meskipun dia tinggal sendirian di hutan, Purbasari tidak pernah kekurangan pasokan. Setiap hari, selalu ada binatang membawa buah-buahan dan ikan untuk makan.

Sebuah waktu yang lama telah berlalu sejak Purbasari dibuang ke hutan, namun tubuhnya masih gatal. Di beberapa tempat, kulitnya bahkan ulserasi. Apa yang harus saya lakukan? "Desah Purbasari. Monyet yang duduk di sampingnya tetap diam, ada air mata di matanya. Dia berharap Purbasari akan tetap sabar dan kuat.

Suatu malam, pada bulan purnama, monyet mengambil Purbasari ke sebuah lembah. Ada sebuah kolam dengan air panas. monyet tiba-tiba berbicara, "Air kolam ini akan menyembuhkan kulit Anda," katanya. Purbasari terkejut, "Anda bisa bicara? Siapa kau? "Tanyanya. "Anda akan tahu, pada waktunya," kata monyet. Purbasari tidak mau memaksa monyet itu. Dia kemudian berjalan ke kolam. Dia mandi di sana. Setelah beberapa jam, Purbasari keluar dari kolam. Dia terkejut melihat wajahnya tercermin pada air kolam jelas. Wajahnya cantik lagi, dengan kulit halus dan bersih. Purbasari mengamati seluruh tubuhnya. Tidak ada jejak dari setiap penyakit kulit. "Aku sembuh! Aku sembuh "Purbasari berteriak gembira!. Dia cepat-cepat menawarkan berkat kepada para dewa dan juga untuk monyet.

Kabar kondisi Purbasari dengan cepat menyebar ke kerajaan, menjengkelkan Purbararang. Dia kemudian disertai oleh Indrajaya pergi ke hutan untuk melihat Purbasari. Purbasari bertanya apakah ia akan diizinkan untuk pulang. Purbararang mengatakan ia akan membiarkan Purbasari kembali ke istana jika rambut Purbasari yang lebih lama daripada miliknya. Purbararang kemudian membiarkan rambutnya. Sudah lama, hampir menyentuh tanah. Tapi ternyata rambut Purbasari adalah dua kali lebih panjang dari rambut Purbararang's.

"Baik, jadi rambut Anda lebih panjang dari punyaku." Purbararang mengakui. "Tapi ada satu syarat lagi Anda harus memenuhi syarat, apakah Anda memiliki calon suami yang tampan dari saya," kata Purbararang sambil berjalan menuju Indrajaya. Purbasari merasa sengsara. Dia tidak punya suami masa depan yang belum. Jadi, tanpa berpikir panjang, ia menarik monyet hitam di sampingnya.

Purbararang dan Indrajaya meledak, tapi tawa mereka tidak berlangsung lama. The monyet bermeditasi dan tiba-tiba berubah menjadi seorang pemuda yang sangat tampan, jauh lebih tampan dari Indrajaya. "Aku seorang pangeran dari kerajaan yang jauh. Aku dikutuk menjadi monyet karena kesalahan yang saya lakukan. Aku bisa mendapatkan kembali bentuk sebenarnya saya hanya jika ada seorang gadis yang bersedia menjadi istriku, "kata pemuda itu.

Akhirnya, Purbararang menyerah. Dia diterima sebagai ratu Purbasari, dan juga mengakui semua yang telah ia lakukan. "Maafkan saya. Tolong jangan menghukum aku, "kata Purbararang, meminta pengampunan. Alih-alih marah, Purbasari tersenyum. "Aku memaafkanmu, sis," katanya. Segera setelah itu, Purbasari menjadi ratu. Di sampingnya adalah pangeran tampan, mantan monyet yang dikenal sebagai Lutung Kasarung.

0 komentar:

Post a Comment