raja bijaksana

Panjang waktu yang lalu, ada sebuah kerajaan bernama Sanggau di Pulau Kalimantan. Ini adalah sebuah kerajaan yang damai dan sejahtera di bawah pimpinan raja yang bijaksana mereka. Ada sebuah pasar di kerajaan Sanggau. Pak Razak adalah seorang juru masak terkenal di sana. Dia memiliki restoran sendiri di pasar. Suatu hari, Pak Razak sedang memasak di restoran ketika petani lewat. Tetapi petani itu berhenti di depan restoran Pak Razak itu. Dia bau aroma makanan lezat Pak Razak sedang memasak. "Hmmm ... lezat ... yummy," kata si petani. "Hei! Apa yang kamu lakukan? Apakah Anda ingin datang ke restoran saya atau tidak?" Tanya Pak Razak. "Tidak, aku tidak. Mencium aroma makanan lezat Anda membuat saya penuh, "kata si petani" Jadi kau penuh dengan bau makanan saya. "Tanya Pak Razak lagi." Ya, saya, "jawab petani itu" Jika itu kasusnya., Anda harus membayar saya untuk mencium makanan lezat saya, "kata Pak Razak" Konyol, saya tidak mau membayar.. aku tidak makan apa-apa, "petani menolak untuk membayar. Tapi Pak Razak terus bertahan bahwa petani harus membayar untuk aroma makanannya. Keduanya mulai bertengkar Orang-orang datang. dan meminta mereka untuk tenang. Mereka menyarankan bahwa Pak Razak dan petani pergi ke Raja untuk memecahkan masalah.
Pada hari berikutnya, Pak Razak dan petani itu pergi ke istana. "Tolong katakan apa yang terjadi," tanya Pak Raja Razak. Dan petani mengatakan kepada Raja tentang masalah "Hmm ... saya ada solusinya.," Kata sang Raja setelah ia mendengar cerita dari kedua Pak Razak dan petani . Raja kemudian meminta petani untuk membawa keluar uangnya. Petani itu mengambil sebuah koin emas dari saku. "Sekarang Anda memasukkan koin ke dalam botol ini" Petani itu. Lalu memasukkan koin ke dalam botol yang disiapkan oleh hamba Raja. "Apakah Anda mendengar suara koin?" Tanya si Raja untuk Pak Razak. "Ya, aku lakukan," jawab Pak Razak "Lalu., Petani baru saja membayar Anda. Dia membayar aroma lezat Anda dengan suara uangnya, "jelas Pak Raja Razak. Diam Dia tahu Raja itu benar.. Raja baru saja memberinya pelajaran. Dia kemudian meminta maaf kepada petani.

0 komentar:

Post a Comment