Tiga perkara yg harus ditolak

meskipun baru masuk islam, ja'far Ath thayyar putra abi thalib telah memperoleh karomah dari allah. Rasullullah sendiri heran mengapa allah memper lakukan demikian, ."hai ja'far, amalan apa yg telah kau lakukan, sehingga memperoleh karomah seperti itu" tanya Rasullullah. "entahlah" jawabnya, "yg jelas saya selalu menolak tiga perkara. Baik ketika aku masih kafir hingga aku telah memeluk agama islam". "tiga perkara apa yg kau maksudkan itu?". "aku tak pernah bohong, tak pernah berzina, dan tak pernah minum minuman yg memabukkan". "perbuatan itu memang diharamkan dalam islam. Tetapi mengapa enkau menolaknya ketika kau masih kafir?" tanya Rasullullah. "jika orang berbuat bohong,dia tak akan dipercaya orang lain, dan bila diketahui bahwa ia berbuat bohong, ia akan menanggung malu. Soal zina, bayangkan jika istri, anak atau saudara kita dizinahi.tentu merupakan noda karena itulah aku menolak perbuatan zina"jawab ja'far. "bagaima soal mabuk-mabukan?"tanya Rasullullah. "orang yang minum khamr sampai mabuk, akan hilang akal sehatnya. Mulutnya selalu ngomel sehingga akan ditertawai oleh orang. Oleh sebab itu aku tak mau minum minuman yg memabukkan".jawab ja'far
Dan malaikat jibril berkata;"benar, allah telah memuji kejujuran ja'far, sehingga allah memberinya 2 sayap atas keteguhannya menolak tiga perkara itu. Dua sayap mutiara dan bau permata yg terbentang itulah yg digunakan ja'far terbang bersama malaikat jibril ketika dia terbunuh dalam peperangan membela islam."

0 komentar:

Post a Comment