asal usul kolam Sampuraga

Di wilayah Sumatera, hidup seorang janda dengan anaknya bernama Sampuraga. Mereka tinggal di sebuah gubuk kecil di hutan. Setiap hari mereka bekerja keras sebagai karyawan di sebuah peternakan yang dimiliki oleh orang kaya. Suatu hari, Sampuraga dan bosnya beristirahat, bersandar pada sebuah pohon setelah bekerja sepanjang hari. Sambil menikmati makan siang mereka, bos bertanya, "Sampuraga, kau masih muda. Mengapa kamu tidak pindah ke suatu negeri yang makmur dan mencari pekerjaan yang lebih baik? "Adalah Sampuraga seorang pemuda jujur dan rajin. Itulah mengapa bosnya peduli padanya dan menginginkan kehidupan yang lebih baik baginya. "Sebenarnya aku telah bermimpi` ve bergerak untuk mencari kehidupan yang lebih baik. Saya ingin membuat ibuku bahagia. Tapi ke mana? "Tanya Sampuraga. "Anda harus pergi ke Mandailing. Salah satu teman saya tinggal di sana. Sebagian besar penduduk memiliki peternakan dan ladang. Mereka juga mencari hidup dengan panning emas di sungai karena memiliki tingkat tinggi kadar emas, "jelas bos. Percakapan dibuat Sampuraga memutuskan untuk mengikuti saran bos.

Kembali di gubuknya, Sampuraga kepada ibunya tentang keputusannya. "Ibu, saya ingin pindah untuk mencari kehidupan yang lebih baik. Di tempat ini, aku akan selalu karyawan dan bekerja untuk orang lain. Saya ingin pergi ke tempat lain dan mencoba keberuntungan saya, "kata Sampuraga kepada ibunya. "Di mana Anda akan pergi, Nak?" Tanya ibunya. "Saya sedang memikirkan Mandailing. Bos mengatakan bahwa orang-orang di Mandailing hidup sejahtera karena tanah subur, "kata Sampuraga. Ibunya tahu bahwa Sampuraga telah memutuskan dan tidak dapat mengubah keputusannya. "Meskipun aku` m takut dipisahkan dengan Anda, saat aku bertambah tua, tapi aku tidak punya alasan untuk melarang Anda. I `m Maafkan aku tak pernah membuat Anda bahagia," kata ibunya. "Terima kasih, Ibu! `Aku berjanji akan segera kembali jika aku sukses. Doakan aku Ibu, "Sampuraga meminta untuk berkat-Nya Ibu.

Sampuraga berangkat pada perjalanannya ke Mandailing keesokan harinya. Dia meninggalkan ibunya sendiri. Hari berlalu, dia berjalan sepanjang hutan melintas desa. Suatu hari, dia mencapai sebuah kota di Kerajaan Pidoli, di Mandailing. Di tempat itu, ia mencoba melamar pekerjaan. Seorang pedagang kaya menerima permohonan. pedagang mengambil kepercayaan yang besar dalam dirinya karena ia rajin dan jujur pria muda. Setelah satu tahun, bos memberinya beberapa ibukota keuangan agar ia bisa menjalankan bisnisnya sendiri. Bisnisnya tumbuh dengan cepat dalam waktu singkat. Beberapa keuntungannya disimpan untuk menambah modal nya agar bisnisnya lebih besar. Akhirnya, ia dikenal seorang pengusaha kaya muda.

pedagang itu begitu bangga dengan Sampuraga. Suatu hari, ia bertanya Sampuraga jika dia tertarik untuk menikahi anaknya. "Sampuraga, Anda jujur dan rajin manusia. Apakah Anda ingin menikahi putri saya? "Tanya pedagang itu. "Tentu saja, Pak," jawab Sampuraga. putri pedagang itu dikenal sebagai gadis tercantik di Kerajaan Pidoli.

Mereka menikah dalam sebuah pesta pernikahan mewah. Semua persiapan sudah dimulai bulan sebelum hari pernikahan. Sepuluh kerbau dan kambing disediakan dalam partai. Semua orang tahu tentang pernikahan besar termasuk ibu Sampuraga's. Dia mendengar kabar itu dari seorang pedagang yang lewat dari Mandailing. "Apakah benar? Mungkin hanya nama yang sama, "dia pada keraguan. Bagaimana mungkin untuk anaknya menikah dengan gadis cantik dari keluarga kaya, sedangkan dia hanya seorang anak seorang janda miskin. Tapi, ibu Sampuraga masih ingin memastikan, jadi dia pergi ke Mandailing untuk menonton pernikahan. Ketika dia tiba di Kerajaan Pidoli, pesta pernikahan sudah dimulai. Saat itu begitu sesak dan berisik. Dia mencoba untuk lebih dekat dalam kerumunan itu. Dia terkejut ketika ia melihat orang yang duduk di samping seorang gadis cantik. Ini adalah putranya, Sampuraga. "Raga ...! Sampuraga, anakku, "ia berteriak, mencoba untuk mendapatkan perhatian Sampuraga's.

Sampuraga sangat terkejut mendengar suara yang dikenalnya. "Oh ... It` s tidak mungkin, "pikirnya sambil mencari sumber suara di antara penuh sesak. Tapi kemudian ia melihat seorang wanita tua berlari mendekatinya. "Sampuraga, anakku! Aku ibumu "kata wanita tua itu sementara dia berusaha untuk merangkul Sampuraga. Tapi Sampuraga sangat malu melihat ibunya sendiri. Wajahnya berubah merah. "Hei perempuan, tua! Don `t berpura-pura menjadi ibuku! Aku tak punya ibu seperti Anda! Pergi dari sini sekarang! Jangan ganggu partai saya "dia berteriak dengan nada marah!. Ibunya terkejut melihat reaksi Sampuraga's. "Raga ... Sampuraga. Aku ibumu. Bagaimana bisa Anda lupa ibumu sendiri "ia mulai menangis?.

"Tidak!! Anda `tidak Ibu saya kembali! Dia sudah mati! Guard, mengambil perempuan tua ini keluar dari sini "Sampuraga memerintahkan pengawalnya!. Hatinya telah benar-benar mengeras sampai dia menyangkal dan mengusir ibunya sendiri. Semua tamu hanya terus diam, tidak ada yang berani untuk menengahi mereka. Wanita tua itu kemudian diseret oleh dua penjaga keluar dari partai. Sementara masih menangis, ia berdoa, "Ya Tuhan ... Kalau dia benar-benar anak saya, Sampuraga, silakan memberinya hukuman untuk mengingkari saya."

Tiba-tiba, langit menjadi gelap, tertutup awan tebal. Hujan jatuh diikuti dengan badai petir. Semua tamu berusaha lari, tapi mereka tidak bisa lolos badai. Hanya dalam waktu singkat, tak ada yang aman, termasuk Sampuraga dan istrinya.

Pada hari berikutnya, tempat berubah menjadi kolam panas dikelilingi oleh batu kapur yang bentuknya adalah sama dengan kerbau. Ada juga dua tumpukan pasir dan lumpur warna-warni yang tampak seperti makanan yang ditawarkan di Sampuraga `s pesta pernikahan. Orang-orang kemudian menyebutnya "Kolam Sampuraga" atau Kolam Sampuraga.

1 komentar:

  1. kenapa dia melamar pkerjaan di pidoli
    sedangkan peninggalannya ada di sirambas

    ReplyDelete